TANAMAN GLODOKAN TIANG – TINGGI POHONNYA, TINGGI MANFAATNYA

Pohon glodokan tiang banyak kita temui diseoanjang jalanan yang digunakan sebagai tanaman penghijauan yang bisa tumbuh dengan baik walaupun cuaca dan iklim disekitarnya bisa berubah sewaktu – waktu. Oleh karena itu tanaman glodokan tiang ini juga disebut sebagai tanaman evergreen.

Pohon glodokan tiang memiliki ciri fisik dengan bentuk pohokn yang menjulang tinggi sampai menyentuh angka ketinggian 30 meter sampai 35 meter. Tidak hanya bentuk fisiknya yang ti ggi, tanaman ini juga memiliki manfaat yang baik bagi lingkungan dan kehidupan kita sehari – hari seperti :

  1. Membantu mengurangi jumlah polusi udara
    Sudah dijelaskan diatas bahwa pohon ini akan banyak ditemukan diseoanjang jalan, yang bertujuan sebagai tanaman penghijauan dengan tujuan untuk mengurangi jumlah polusi udara yang disebabkan oleh beberapa polutan asing seperti asap kendaraan, asap rokok, ataupun asap pabrik. Dengan menanam pohon glodokan tiang ini, maka udara disekitarnya akan terasa lebih bersih dan sehat.
  2. Menghambat pertumbuhan sel kanker.
    PO on glodokan tiang juga memiliki kandungan senyawa diterpenoid yaitu asam polyalthialdoat, hidroksi cleroda dan juga olide yang terbukti sebagai solusi kanker khususnya sel kanker leukemia.
  3. Antioksidan yang baik.
    Siapa sangka bahwa bukan hanya bagian pohon saja yang bermanfaat, bahkan bagian biji glodokan tiang pun juga memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh. Yaitu sebagai Antioksidan untuk menyerang atau menangkal berbagai jenis penyakit yang akan menyerang kesehatan dalam tubuh.
  4. Membantu menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.
    Ada sebuah penilitian yang dilakukan pada tahun 2005,yang menunjukkan bahwa ekstrak kulit akar dari pohon glodokan tiang memiliki 50% kandungan metanol yang berfungsi sebagai penurunan tekanan darah tinggi atau hipertensi
  5. Mengobati Demam
    Banyak yang mengambil manfaat dari pohon glodokan tiang sebagai obat tradisional untuk menurunkan gejala demam dalam tubuh. Hal ini sudah terjadi sejak lama bahkan sampai sekarang pun banyak yang masih percaya bahwa tanaman glodokan tiang mampu menurunkan gejala demam dan sakit kepala.
    Siapa sangka tanaman glodokan tiang tidak hanya berfungsi sebagai pohon penuduh saja. Tetapi bagian lain seperti daun atau akar dari glodokan tiang juga terkenal baim untuk kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda dan memberikan manfaat bagi Anda.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>