Masjid Raya Makassar

Bukan hanya jadi diantaranya masjid terindah di tempat Indonesia Timur, Masjid Raya Makassar turut ialah saksi bisu kisah buat masyarakat Makassar yang di saat penjajahan masih dipecah irislah jadi kelompok-kelompok, aliran, dan organisasi agar tidak bersatu kumpulkan kekuatan. Harga bikin kubah masjid untuk bangun masjid besar yang bisa simpan beberapa ribu jamaah masih dihalangi.

Kekhawatiran penjajah waktu itu bisa ditunjukkan. Setelah masjid ini digunakan pada Agustus 1949 berjalan sentralisasi kekuatan umat Islam untuk melawan penjajah. Sentralisasi ini dimulai dari berpadunya pekerjaan melakukan beribadah umat setelah sebelumnya tercerai berai di sejumlah masjid-masjid kecil. Masjid ini telah dibikin besar dan istimewa sejak awal ketetapannya. Konon seorang jurnalis asing yang bertandang ke masjid ini di tahun 1949 menulis bila berikut masjid terbesar di di Asia Tenggara saat itu. Bangunan induknya saja dapat simpan sampai 10.000 jamaah jika di gabung dengan halaman masjid, serta dapat juga sampai 50.000 jamaah.

Keelokan Masjid Raya Makassar

Pertama kali dibuat oleh arsitek Muhammad Soebardjo setelah memenangi sayembara yang diadakan panitia pembangunan Masjid Raya. Waktu itu, Soebardjo hadirkan bentuk seperti badan pesawat terbang. Ini di ide dari pengamatannya pada masyarakat Makassar yang tengah dihantui ketakutan karena pesawat pengebom B-29 yang masih melayang-layang di atas kota. Masjid raya makassar depan Selang tiga puluh tahun kemarin, Masjid Raya Makassar sudah mulai rapuh dan bocor di beberapa bagian, penting di atap dan kubah. Dari sekian waktu, formasi keseluruhannya bangunan semakin dikuasai. Sering perbaikan parsial sempat ditangani, namun tidak menghasilkan bangunan yang kompak, kuat, dan optimal. Terhitung sejak Februari 2009, pembongkaran besar atas bangunan masjid ini dengan diawali inspirasi basic untuk buat jadi bangunan Masjid Raya Makassar bertambah kuat, istimewa, indah, dan kekinian.

Pembuat Kubah Masjid Enamel serta Galvalum

Ada dua pilihan membuat konstruksi kubah masjid. Pilihan pertama, membuat kubah dengan bahan beton, sedang pilihan ke-2, ialah penjual kubah masjid di Makassar dengan bahan baja ringan, yakni panel Enamel serta Galvalum.

Pembuat Kubah Masjid Beton

Kubah berbahan beton benar-benar kuat serta kuat. Beton meiliki ketahanan yang kuat pada api serta air. Namun, membuat kubah masjid berbahan beton memerlukan ongkos yang besar serta perancangan konstruksi yang tidak gampang. Sebab dibuat berbahan beton yang berat, automatis kubah beton memerlukan fondasi tambahan kuat. Jika berlangsung musibah gempa, ada risiko roboh serta retak. Jika berlangsung kebocoran, susah ditambal dengan prima.

Pembuat Kubah Masjid Enamel

Kubah yang dibuat dari baja ringan, Enamel serta Galvalum, tidak sekokoh serta sekuat kubah beton. Namun, membuat kubah berbahan Enamel serta Galvalum semakin lebih gampang daripada membuat kubah beton. Sebab sekarang ini peranan penting kubah di masjid untuk dekor, tidak untuk perlindungan, karena itu kubah dari baja ringan jadi pilihan pilihan.

Tidak seperti kubah beton, kubah yang dibuat dari bahan Enamel serta Galvalum benar-benar mudah. Dengan demikian, penempatan kubah Enamel serta Galvalumtidak memerlukan fondasi tambahan kuat. Risiko kerusakan yang diakibatkan saat berlangsung musibah gempa relatif semakin kecil. Untuk deskripsi, konstruksi kubah masjid baiknya terbagi dalam makara berbahan stainless steel serta susunan penutup teratas, dengan bahan panel Enamel atau Galvalum, dan pewarna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *