Khasiat Utama Temulawak Bagi Kesehatan

Orang Indonesia mungkin akrab dengan kehadiran Temulawak, bahkan Anda mungkin menjadi salah satu pecinta temulavak. Nah, apakah Anda sudah tahu manfaat Temulawak untuk kesehatan?

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) sebenarnya adalah tanaman dari suku (Zingiberaceae), yang banyak digunakan sebagai obat tradisional. 

Khasiat Utama Temulawak Bagi Kesehatan

Tanaman ini umumnya ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia, dan rimpang dapat tumbuh, jika tidak lemak, ditanam di tanah gembur.

Untuk melakukan terapi herbal Temulawak sendiri juga sangat sederhana, tetapi pertama-tama Anda harus membedakannya dari kunyit (Curcuma domestica). Keduanya berbentuk rimpang, hanya Temulawak yang lebih tebal, dan dagingnya lebih cerah daripada kunyit, yang warnanya panjang dengan daging oranye yang tebal.

Isi dari tanaman temluwak 

Temulawak dikenal karena kandungan kurkuminnya, yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun, tanaman rimpang ini juga telah terbukti memiliki bahan bermanfaat yang sama seperti pati dan minyak esensial, yang dianggap dapat meningkatkan fungsi ginjal dan memiliki bentuk anti-inflamasi.

Minyak atsiri Temulawak sendiri terdiri dari zat-zat seperti d-camphor, cycloisorene, myrsen, tumerol, xanthorrhizol, zingiberen dan zingiberol. Temulawak juga mengandung serat kasar, abu, protein dan mineral, meskipun dalam jumlah yang lebih kecil.

Bahan-bahan lain yang tidak bisa diremehkan dari Temulawak adalah antioksidan seperti flavonoid, fenol, dan kurkumin. Antioksidan ini dapat mencegah beberapa penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Baca juga: Tips Merawat Pohon Ketapang Kencana

Rempah-rempah amatir? Kenali manfaat kesehatannya

Memiliki rasa yang berbeda, manfaat kesehatan anyelir ini

Manfaat Temulawak untuk kesehatan

Bahan-bahan di atas menghasilkan sifat Temulawak untuk kesehatan manusia. Selain antioksidan, penelitian menunjukkan bahwa Temulawak juga memiliki kemampuan melindungi hati (hepatoprotektor), antiinflamasi, antitumor, antibiotik, antimikroba, antihiperlipidemia, antikolor, antibakteri.

Lebih khusus lagi, berikut adalah beberapa manfaat Temulawak yang dapat Anda nikmati:

Menurunkan kolesterol dalam darah

Penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa kandungan di dalam Temulawak berpotensi menjadi obat yang mujarab dan anti kolesterol,karena dengan rutin mengkonsumsi temulawak selama kurun waktu 4 minggu berturut-turut telah terbukti menurunkan kolesterol total darah.

Saluran pencernaan yang sehat

Temulawak dikonsumsi secara luas oleh penderita masalah pencernaan, seperti sindrom iritasi usus (IBS), yang ditandai dengan perut kembung yang diisi dengan gas. 

Efektivitas yang di timbulkan dari tanaman Temulawak ini disebabkan oleh sifat antioksidannya, yang mana dapat menangkal adanya serangan dari efek radikal bebas yang merusak mukosa di dalam organ lambung.

Meringankan gejala osteoartritis

Efektivitas Temulawak dikaitkan dengan kandungan curcumin, yang memiliki efek anti-inflamasi pada tubuh. Penggunaan obat-obatan Temulawak secara teratur juga dianggap dapat meringankan gejala osteoartritis, seperti pembengkakan dan nyeri sendi.

Mencegah obesitas dan diabetes

Sifat anti-inflamasi Curcumin juga dapat mencegah diabetes atau obesitas. Curcumin dapat menstabilkan kadar gula darah, yang dapat memicu diabetes, sementara mengatur kadar lemak tubuh yang menyebabkan obesitas.

Membantu mempercepat penyembuhan infeksi jamur

Khasiat lain dari Temulawak adalah sifat antijamur, sehingga dapat digunakan bersama obat-obatan ketika Anda menderita infeksi jamur ini. Karena kandungan curcumin pada Temulawak dapat mengganggu membran sel pada jamur yang menyebabkan infeksi.

Menjaga Kesehatan Organ Jantung

Penelitian di laboratorium telah menemukan efektivitas Temulawak sebagai penjaga hati, sehingga tidak mudah rusak oleh efek radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif. Sekali lagi, manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan curcumin.

Mencegah kanker

Penelitian itu juga mengungkap potensi Temulawak sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker di usus besar.

 Namun, efektivitas Temulawak ini masih perlu diselidiki lebih lanjut.

Untuk merasakan manfaat Temulawak ini, Anda bisa merebus dan meminum air Temulawak rebus. 

Atau jika Anda ingin umur simpan yang lebih lama, Temulawak dapat dikeringkan di bawah sinar matahari atau dengan oven, kemudian ditumbuk dan disimpan sebagai bubuk.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>